Friday, October 30, 2015

Pertimbangan Dalam Memilih Tempat Usaha

pertimbangan sebelum memilih tempat usaha
Tempat adalah persyaratan pertama dalam memulai sebuah usaha. Tanpa tempat maka usaha tidak akan bisa berjalan maksimal. Tempat yang strategis akan mendatangkan penghasilan yang lebih besar. Oleh karena itu sebagian pengusaha berani membayar mahal untuk sebuah tempat yang dianggapnya strategis.
Beberapa pertimbangan penting dalam memilih tempat usaha akan kami bahas pada kesempatan ini. Langsung saja simak apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat usaha.

Memilih tempat berdasarkan lokasi

Memilih tempat berdasarkan lokasi dipertimbangkan berdasarkan jarak tempat, keamanan tempat, dan kebersihan tempat. Berikut alasan pemilihan tempat berdasarkan kriteria tersebut.

Jarak tempat

Jarak adalah bagian pertama yang harus dipertimbangkan. Jarak itu bisa jadi jarak antara tempat usaha dengan rumah. Apabila jaraknya jauh maka biaya transportasi akan bertambah dan begitu pun sebaliknya. Jarak juga bisa jadi adalah jarak antara tempat usaha dengan lembaga keuangan, karena semakin dekat antara tempat usaha dengan lembaga keuangan maka akan semakin mempermudah dalam proses perputaran uang yang akan dilakukan dan biaya transportasi bisa ditekan.

Keamanan tempat

Tempat yang paling strategis adalah tempat yang aman dari berbagai persoalan sosial, misalnya kekerasan, pencurian dan berbagai penyakit sosial lainnya. Bagaimana pun juga menjalankan sebuah usaha tentunya ingin hidup dengan aman tanpa tekanan dari siapapun, oleh karena itu tempat yang aman harus jadi pilihan.

Kebersihan tempat

Memilih tempat usaha berdasarkan kebersihan juga harus dipertimbangkan. Apabila anda menjalankan usaha di tempat yang kurang terjaga kebersihannya maka kemungkinan pengunjung tidak akan betah. Oleh karena itu anda harus memperhatikan saluran pembuangan air, tersedianya tempat sampah dan hal lainnya.

Pemilihan tempat berdasarkan kondisi sosial dan ekonomi

Berdasarkan kondisi sosial ekonomi harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan kondisi keuangan secara pribadi. Oleh karena itu sebelum memilih tempat usaha sebaiknya melakukan survey kecil-kecilan untuk memprediksi peluang usaha anda. Berikut alasan dari pertimbangan kondisi sosial ekonomi.

Ramai

Tempat yang dipilih dalam menjalankan usaha sebaiknya berada di sekitar keramaian sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung terbuka lebar. Apabila berada di tempat ramai maka kemungkinan besar biaya promosi bisa ditekan karena tempat akan mempromosikan usaha yang dijalankan dengan sendirinya.

Daya beli masyarakat

Daya beli masyarakat juga harus dipertimbangkan dengan baik. Meskipun anda menjalankan usaha yang sangat diminati masyarakat pada umumnya tapi pada tempat yang salah, usaha anda hanya akan sia-sia. Secara teori masyarakat sekitar ingin membeli tetapi kemampuan ekonomi tidak memungkinkan maka tidak akan terjadi proses transaksi apapun.

Pola hidup masyarakat

Pola hidup masyarakat sekitar juga harus sesuai dengan bisnis yang akan anda jalankan. Jangan menjalankan usaha di tempat yang pola hidup masyarakatnya tidak sesuai dengan bisnis yang akan anda jalankan.

Murah

Tempat yang baik juga tentunya adalah tempat yang bisa disewa atau dibeli dengan harga murah. Tapi tampaknya ketika semua persyaratan di atas terpenuhi akan sulit mendapatkan tempat dengan harga murah. Namun pertimbangan murah ini juga harus dijadikan prioritas agar biaya pengeluaran awal bisa ditekan dan digunakan untuk kebutuhan lain.

2 comments:

  1. hal hal serti point point diatas memang perlu dipertimbangkan agar bisnis yg kita kelola nantinya bisa berhasil dan berkembang ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, memilih tempat usaha harus dipertimbangkan dengan baik

      Delete